Indeks Kitab

Buku Kisah Ulama Kondang

(Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Imam Bukhori, Imam Muslim, Imam Ghazali, Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani)

Imam Muhammad bin Idris Ibn al-Abbas Asy Syafi'i lebih terkenal dengan nama Imam Syafi'i, pendiri Madzhab Syafi'i. Orang besar ini lahir pada tahun 150 H (767 M) di Ghuzat dan wafat pada hari jum'at akhir bulan Rojab tahun 204 H (821 M) di Mesir.  Sejarah hidupnya sangat cemerlang, dimulai dengan hafal Al-Qur'an pada usia 9 tahun. Beliau pernah hidup bertahun-tahun di tengah-tengah masyarakat Baduwi (pedalaman) untuk mempelajari kemurnian Bahasa Arab.
Beliau melakukan perjalanan study ke Mekkah, Madinah, Irak, dan Mesir.

Imam Syafi'ilah pencipta ilmu Ushul Fiqhi, peneliti dan penyaring Hadits Nabi yang ratusan ribu jumlahnya, hingga terkenal di kalangan ahli hadits sebagai "Nashirus Sunnah" (Pembela dan penolong sunnah Nabi SAW). Selama dalam masa study, Beliau menulis berpuluh-puluh karangan, yang paling terkenal ialah "Al-Umm" setebal 2.113 halaman dan "Ar-Risalah" setebal 670 halaman. Al-Umm adalah kitab hasil penelitian dan ijtihadnya dalam bidang Fiqh, yang bersumber pada Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan penyelidikan paling mendalam. Sedangkan Ar-Risalah adalah karya di bidang ushul fiqh.

  • Penerbit              : Pustaka 'Azm
  • Penyusun           : Muhammad Syakur
  • Kertas                 : HVS/Soft Cover
  • Tebal                   : 90 Hlm.
  • Ukuran                : 10,5 x 16 Cm.

       Harga : Rp. 12.000

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Buku Dalil – Dalil Para Da’i Masa Kini

(Bekal Ceramah dalam Berbagai Macam Acara Kemasyarakatan)

Sudah seharusnya para Da'i perlu memahami metode dan orientasi dakwah secara baik sehingga nilai-nilai normatif dakwah tepat sasaran dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dan itu semua membutuhkan dalil-dalil yang valid dan terpercaya, agar dunia Dakwah secara diametral sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang bernuansa ilmiah, ta'lim ta'allum dan mengandung mauidzah Hasanah yang berbobot.

Buku yang anda pegang saat ini, berisikan dalil-dalil ceramah di berbagai acara kemasyarakatan, sekaligus dilengkapi dengan referensi yang valid dan terpercaya.

Semoga bermanfaat...!

 

  • Penerbit              : Pustaka 'Azm
  • Penyusun           : Muhammad Syakur
  • Kertas                 : HVS/Soft Cover
  • Tebal                   : 128 Hlm.
  • Ukuran                : 10,5 x 16 Cm.


    Harga : Rp. 15.000,-

 

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan

Karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, guru Syaikh Mahfudz Tremas, yang hingga kini masih dijadikan rujukan mempelajari ilmu Nahwu adalah Mukhtashor Jiddan, yang artinya, ringkes banget. Kitab Mukhtashor Jiddan merupakan syarah (penjelas) paling ringkas dari Kitab Ajurumiyah yang dikarang oleh Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad Shonhaji Ajurum, yang lebih populer dengan sebutan Shonhaji bin Ajurum.

Menurut Syaikh Zaini Dahlan, siapapun yang ingin mempelajari ilmu tertentu (fan), dia harus mampu bertashawwur (menjelaskan secara deskriptif) akan ilmu yang hendak dipelajari supaya ia mudah menangkap inti dari apa yang dia pelajari. Ada yang 10 hal yang harus dipelajari seorang murid. Hal ini beliau tulis di halaman ke-2 Kitab Mukhtashor Jiddan. Karena itulah, agar kita mudah mempelajari bahasa Arab  modal utama mempelajari Al-Qur'an dan Hadits, maka, ilmu Nahwu harus dipelajari lebih awal. Sama sekali tidak disarankan bagi mereka yang mempelajari agama Islam hanya bermodal terjemah. Dengan Nahwu, kita akan mudah mengetahui struktur kalimat berbahasa Arab, mulai dari irab, bina', amil nawasikh, hadzful a'id dan lainnya. Dengan mengusai ilmu ini, Syaikh Zaini Dahlan berharap kita tidak salah memahami firman Allah dan sabda Rasulullah SAW. 

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan  (PDF)

           

PENULIS               

:

 Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

           

PENERJEMAH    

:

             

PENERBIT           

:

             

TAHUN                

:

             

Tebal                  

:

 29  halaman (PDF)

           

 

 

Lihat Kitab

Kitab Makna Mukhtashar Ibnu Abi Jamrah

Karya Syaikh Abu Muhammad Abdullah bin Sa’d bin Abi Jamroh al Azdi.
Beliau merupakan seorang ulama arifin yang diberikan banyak karamah seperti mustajabah do’a. Ada sebuah kisah nyata yang dialami salah seorang murid beliau yaitu bermimpi bahwa melihat Abi Jamroh sedang duduk pada sebuah kursi dan menggunakan pakaian kebesaran (khil’ah). Sementara disekeliling Abi Jamroh adalah para Nabi dan sahabat sedang berdiri memberi hormat.

Setelah terbangun dari tidur, sang murid tersebut selalu merasa gelisah dan penasaran kenapa para Nabi berdiri memberi hormat kepada Abi Jamrah. Akhirnya, mimpi ini diceritakan kepada gurunya. Dan jawaban yang diberikan oleh gurunya adalah Para Nabi berdiri karena menghormati sosok orang yang telah memakaikan baju kebesaran tersebut kepada Abi Jamroh yaitu Nabi Muhammad.

Kitab yang sangat terkenal di dunia ini, khususnya di Indonesia adalah Kitab Hadits Abi Jamroh.
Kitab ringkasan dari Sahih Bukhari yang paling singkat dan rapi. Oleh sebab itu, Kitab Abi Jamroh ini menjadi kitab pilihan kebanyakan pelajar untuk dihafal, terdapat 294 Hadis yang bertemakan berbagai bidang seperti keimanan, ibadah, adab, kisah hikmah, pembersihan hati dan lain sebagainya.

Kitab Abi Jamroh ini banyak disyarah oleh ulama ulama lain. Dan salah satu kitab syarahannya yang terbaik adalah karya seorang ulama Al Azhar Mesir yaitu Al-Allamah Asy-Syaikh Muhammad bin Ali Asy-Syafi’i.

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Mukhtashar Ibnu Abi Jamrah,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Mukhtashar Ibnu Abi Jamrah  (PDF)

           

PENULIS               

:

 Syaikh Abu Muhammad Abdullah bin Sa’d bin Abi Jamroh al Azdi

           

PENERJEMAH    

:

             

PENERBIT           

:

             

TAHUN                

:

             

Tebal                  

:

 48  halaman (PDF)

           

 

Lihat Kitab

Kitab Makna Pesantren Minhajul Abidin

Karya monumental Hujjatul Islam Imam Ghazali, yang mengupas tentang tahapan-tahapan menuju kesempurnaan ibadah seorang muslim.
Di Pondok pesantren, kitab ini biasanya masuk dalam pembelajaran untuk meningkatkan ketaatan santri dalam beribadah, serta bimbingan ruhaniyah.

Selain kitab Minhajul Abidin, ada deretan kitab karya Imam Ghazali yang juga sering kita temukan dikaji di lembaga pesantren, misalnya kitab Ihya’ Ulumiddin, Kitab, Ayyuhal Walad, al-Munqidz Min al-Dholal, Bidayatul Hidayah, hingga al-Mustasyfa dan lan sebagainya.

Tujuh Tahapan dalam Kitab Minhajul Abidin.
Jika dilihat dari ulasannya, sesuai dengan judulnya “Minhaju” yang berarti Pedoman, dan “al-Abidin” yang berarti para hamba-hamba Allah SWT. Beliau memberikan tujuh tangga dan tahapan bagi seorang muslim agar dapat mencapai kesempurnaan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Adapun tahapan-tahapan dan tangga yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tahap ilmu dan makrifat
  • Tahap taubat
  • Tahap godaan
  • Tahap Rintangan Dalam Beribadah
  • Tahap dorongan dan motivasi
  • Tahap menghindari faktor-faktor perusak ibadah
  • Tahap Syukur.

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Minhajul Abidin,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Minhajul Abidin  (PDF)

           

PENULIS               

:

 Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghazali At-Thusi

           

PENERJEMAH    

:

             

PENERBIT           

:

Hidyatut Thullab

           

TAHUN                

:

             

Tebal                  

:

 95  halaman (PDF)

           

 

 

Lihat Kitab

Kitab Makna Pesantren Kifayatul Ashhab

Karya dari Syaikh Abdulloh bin zaini bin Uzair jetak Demak, ini merupakan penjelasan dari kitab Qowaidul I’rob karya Syaikh Yusuf bin Abdul Qodir al barnawi.
Ilmu nahwu dan ilmu shorof  diciptakan  bertujuan menjaga kesalahan lisan dalam mengucapkan kalam arab serta sebagai penghantar memahami ilmu-ilmu agama islam  seperti ilmu fiqh ,ilmu tauhid ,  ilmu tashowwuf , terlebih untuk memahami kandungan makna Al-Qur’an dan Al-hadits.

Kitab “ Qowaidul i’rob “ merupakan karya luhur  Syaikh Yusuf bin Abdul Qodir al barnawi yang memuat kaedah-kaedah dalam menerangkan i’rob , yang merupakan salah satu cabang dari ilmu Nahwu yang harus di pelajari oleh para santri  supaya dapat memahami secara benar al qur’an dan hadits , dan terhindar dari kesalahan dalam lafadz al qur’an sebagaimana sabda Nabi dan atsar para sahabat  .

أَعْرِبُوْا الكَلاَمَ كَيْ تَعْرِبُوْا القُرْأَنَ

“ i’robilah kalam supaya kalian bisa mengi’robi Al qur’an .”

Sayyidina Umar al Khottob   berkata ;

لِأَنَّ إِعْرَابَ أَيَةٍ مِنَ القُرْأَنِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَحْفَظَ أَيَةٍ بِلاَ إِعْرَابٍ

“ Sesungguhnya mengi’robi satu ayat saja dari Al qur’an itu lebih kusukai dari pada aku hafal satu ayat tanpa dengan i’rob .”

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Kifayatul Ashhab,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Kifayatul Ashhab fi Halli Nadhmi Qawa'idil I'rab  (PDF)

           

PENULIS               

:

 Syaikh Abdullah Zaini bin Muhammad Aziz Al-Jathawi

           

PENERJEMAH    

:

             

PENERBIT           

:

             

TAHUN                

:

             

Tebal                  

:

 67  halaman (PDF)

           

 

 

 

Lihat Kitab

Buku Kisah Indah Para Pecinta Rasulullah SAW

Dikisahkan pada suatu hari Al-Faruq Umar bin Khattab berkata kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali diriku sendiri. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab: "Tidak, demi Allah, sehingga aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri. Maka berkatalah Umar, "Demi Allah, sekarang engkau lebih aku cintai dari pada diriku sendiri!" (HR. Al-Bukhari dalam Shahihnya)

Buku kecil ini berisikan 38 kisah indah para pecinta Rasulullah SAW. Harapannya, dengan membaca buku ini akan menambah kecintaan kita kepada sosok Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

 

  • Penerbit : Pustaka 'Azm
  • Penulis   : Abu Najih Ukasyah
  • Kertas     : HVS/Soft Cover
  • Ukuran   : 10,5 x 16 CM (Saku)az
  • Tebal      : 132 Hlm.

Harga : Rp. 15.000

 

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Buku Renungan Motivasi (Kisah Penggugah Jiwa Para Santri)

Kisah seorang yahudi yang merindukan Rasul.
Abdullah bin Abbas berkata : Ada seorang yahudi di Syam membaca taurat di hari sabtu, beliau
menghamparkan lembaran-lembaran taurat di hadapannya, kemudian memperhatikan dengan seksama. Maka ia menemukan sifat Rasulullah SAW dan karakternya di empat tempat, kemudian beliau memotong empat lembaran tersebut dan membakarnya. Kemudian di sabtu berikutnya beliau menemukan sifat dan karakter Rasulullah di delapan tempat, kemudian beliau memotong-motong dan membakarnya. Di sabtu berikutnya beliau menemukan sifat dan karakter Rasulullah di dua belas tempat, kemudian beliau berfikir dan berkata : Jika aku memotongnya lagi, maka seluruh taurat akan berbicara tentang sifatnya.

# Daftar Isi :

- Sifat Agung Rasulullah

- Ketika Allah menghinakan orang Alim

- Keteguhan Hati Rasulullaj

- Tangisan Rasul Mengguncangkan Arsy

- Karomah Habib Mundzir al-Musawa

- Kisah Nabi Ibrahim dan Menantunya

- Kejujuran dan Wira'inya Abu Hanifah

- Kisah Ahli Ibadah

- Imannya Seorang Pemuda

- Sudah Wafat, Tapi Masih Membangun Pesantren

- Kisah Uwais al-Qorni; Manusia Penghuni Langit

- Kisah Tuhfah (Sang Wanita Sufi)

- Wafatnya Wali, di Hadapan Para Wali

- Kisah Anak dan Ibu

- Ketaatan Abu Hanifah

- Jalaluddin Ar-Rumi dengan Sebotol Arak

- Kisah Mengharukan Nabi Muhammad dan Cucunya

- Di Mana Allah?

- Penyesalan Sahabat Sya'ban

- Kesabaran Seorang yang Buta

- Kisah Pemuda dan Bidadari Bermata Jeli

- Umar hin Abdul Aziz; Raja yang Bersahaja

- Kisah Seorang Yahudi yang Merindukan Rasul

- Seorang Ayah Bertaubat karena Anaknya yang Bisu dan Tuli

- Wanita Shalihah

- Ali bin Abi Tholib dan Anak Yatim

- Asal usul Dalailul Khoirot

- Malaikat yang Berhaji

- Balasan Meninggalkan Haram

- Ratapan Gadis Kecil

- Kisah Abu Sholeh dan Apel

- Kisah Do'a Kiai Kholil Bangkalan dan Santri yang Mendapat Ilmu Ladunni

- Tangisan Nabi untuk Kaum Wanita

- Tangisan Sahabat Umar bin Khattab

- Kisah Abdullah bin Mas'ud (Shohibi Sirri Rasul)

Penerbit    : Pustaka 'Azm
Kertas       : Hvs/Soft Cover
Tebal         : vi + 174 Hlm.
Ukuran      : 15,5 x 10,5 cm
Penyusun  : Muhammad Efendi
Editor        : Ummi Ahsun

      Harga : Rp. 20.000

Pesan via WA 0819-3704-6356
Atau klik : http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab

Kitab Makna Pesantren Karomatul Auliya Fi Bayanil Auliya Wa Karomatihim

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin segala Puji bagi Allah SWT. Yang telah memberikan banyak sekali anugrah kepada kita semua selaku hamba yang selalu mengharapkan Ridho serta Ampunan dari sang Kholiq, Sholawat serta Salam semoga tercurah limpahkan kehadlirat Nabi Muhammad SAW. yang telah menuntun kita dengan membawa Aqidah-aqidah serta Akhlakul karimah kapada jalan kebenaran dan yang di Ridhoi oleh Allah SWT. yaitu Addinul Islamil Qoyyid (Agama Islam yang Kokoh ).

Semua mu’min haruslah percaya dengan sesuatu yang ghaib. Dan barang siapa tidak percaya maka dia dikatakan tidak beriman. Sedangkan Mu’jizat Rosul dan karomah para wali itu semua termasuk hal yang ghaib. Kitab Karomatul Auliya’ menerangkan tentang karomah para wali-wali Allah. Yang di bahas dengan jelas oleh Kh. Ahmad Yasin bin Asymuni Al-Jaruny selaku penulis.

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Karomatul Auliya fi Bayanil Auliya wa Karomatihim ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Karomatul Auliya fi Bayanil Auliya wa Karomatihim (PDF)

           

PENULIS               

:

 KH. Ahmad Yasin bin Asymuni Al-Jaruny

           

PENERJEMAH    

:

---------------            

PENERBIT           

:

Hidayatuth Thullab Pethuk, Semen, Kediri

           

TAHUN                

:

---------------            

Tebal                  

:

 34  halaman (PDF)

           

 

Lihat Kitab

Kitab Makna Pesantren - Jawahirul Adab Fi Khuluq At-Thullab

Karya Kyai Muhammad Zubairi Ibnu Zein. Kitab ini menerangkan tentang akhlaq dan tata karma seorang murid dalam mencari ilmu baik kepada guru dan lainnya.
Seiring kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), seharusnya mampu mendorong para penuntut ilmu menuju pada kebaikan-kebaikan. Namun faktanya justru menyeret dan merampas jati diri akhlak kepada suatu hal buruk. Contohnya Seorang murid atau siswa mulai luntur akhlaknya, serta kehilangan adab. Mereka berani membentak, memukul, dan bahkan ada yang lebih parah yakni membunuh gurunya. Peristiwa tersebut sudah terlampau jauh melewati batas kewajaran untuk menyebutnya sebagai seorang murid, hingga berani membunuh orang tua ketiga atau gurunya.

Berangkat dari permasalahan ini,  Kyai Nawawi Bulumanis, Juwana, Pati, Jawa Tengah, yang telah diterjemahkan oleh kyai Muhammad Zubairi Ibnu Zein asal Paras, Gempal, Muncar, dapat menjadi cambuk sekaligus sebagai alternatif untuk menemukan kembali permata adab dan akhlak yang hilang pada diri seorang pencari ilmu karena ditelan zaman.

Kyai Zubairi yang piawai memberi makna di setiap bait karya kyai Nawawi, tentu saja bisa memudahkan pembaca terutama asatidz (para guru) atau thullab (para peserta didik) yang akan mempelajari kitab ini. Meskipun terjemahan dari beliau (Kyai Zubairi) menggunakan Bahasa Jawa, tapi hal itu tiada lain adalah untuk mempermudah mereka yang mempelajari, khususnya santri Jawa. Bagi mereka pembaca yang tak memiliki latar belakang atau mengerti bahasa Jawa Kromo, akan sulit membaca. Tetapi hal itu bukanlah suatu alasan yang serius bagi pembaca yang sungguh-sungguh ingin mengambil serta memahami pelajaran yang tertulis dalam kitab ini, khususnya di bidang akhlak dan adab.  Acapkali kita dengar dari pemuka agama bahwa seseorang yang memiliki bekal tatakrama (adab dan akhlak) yang matang, tingkah lakunya benar-benar manusia, bukan hewan tak berakal, yang memiliki tingkah laku sewenang-wenang. Persis pelajaran yang tertulis di dalam bait pertama kitab Kiai Nawawi (halaman 1)

حمدا لمن علمنا خير الأداب # به تميزنا عن البهائم

(Hamdan liman allamanaa khaira al adaab - bihi tamayyaznaa ‘ani al bahaaim)

Kyai Nawawi memaparkan seluruh pelajaran di dalam Kitab Jawahirul Adab dalam bentuk nadhom (bait-bait) secara ringkas padat. Bait-bait tersebut terdiri dari tiga puluh enam bait dengan bermacam-macam pelajaran tentang akhlak dan adab. Ditambah satu bait sebagai penutup. Total ada tigapuluh tujuh bait. Umumnya adab dan akhlak merupakan unsur penting yang tidak bisa tidak (harus) diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat oleh siswa atau murid atau santri.

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Jawahirul Adab Fi Khuluq At-Thullab ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Jawahirul Adab Fi Khuluq At-Thullab (PDF)

           

PENULIS               

:

 Kyai Muhammad Zubairi Ibnu Zein

           

PENERJEMAH    

:

--------------            

PENERBIT           

:

Al Ihsan Offset, Surabaya

           

TAHUN                

:

---------------            

Tebal                  

:

 6  halaman (PDF)

           

 

Lihat Kitab